Tutorial Moodle (Bagian 1)


A. Cara Mengakses

Untuk membuat materi pelajaran terlebih dahulu logiin ke portal e-learning dengan mengakses browser mozilla, internet explorer atau browser lainnya. Ketikkan pada browser alamat portal, contoh untuk SMAN 1 Batanghari alamat 192.168.1.99/e-learning. Untuk akses dari warnet dapat digunakan alamat http://e-sman1bth.dyndns.org/e-learning. Kemudian login dengan username dan password yang telah diberikan oleh admin pada menu login.

Setelah berhasil login tahap selanjutnya adalah masuk ke course (mata pelajaran) masing-masing yang telah disediakan oleh admin. Caranya klik menu coures category pilih sesuai dengan kelas yang diajarkan

Kemudian pilih mata pelajaran pada course categories sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan


Jika berhasil maka akan berada pada course categories yang sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan. Seperti contoh berikut ini:

B. Pengisian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Sebelum mebuat bahan ajar terlebih dahulu isikan standar kompetensi dan Kompetensi Dasar sebagai acuan dalam pengisian bahan ajar. Untuk dapat mengisi SK KD terlebih dahulu klik menu Turn Editin On yang berada pada bagian sebelah kanan atas.

Setelah di klik tampilan e-learning akan mengalami perubahan dengan tampilnya modul-modul seperti add resources, add activity dan lain sebagainya. Untuk mengisi SK dan KD klik ikon edit summary seperti gambar berikut ini

Setelah di klik penuliskan SK KD pada kolom edit summary seperti gambar berikut ini bisa dilakukan:

Setelah selesai terlebih dahulu simpan SK KD yang telah diketik dengan cara mengklik tombol save changes yang terdapat di bagian bawah. Jika Save change tidak kelihatan scroll dengan mouse atau keyboard ke bawah. Setelah disimpan SK dan KD yang telah dituliskan akan tampil pada halam topic outline mata pelajaran.

C. Pengisian Bahan Ajar

Setelah mengisi Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar tahap selanjutnya adalah mengisi bahan ajar . Sebelum memulai pengisian perhatikan apakah turn editing dalam posisi on atau off. Jika dalam posisi off pengisian bahan ajar tidak dapat dilakukan karena menu add activity dan add resources tidak tampil. Oleh karena itu klik terlebih dahulu tombol turn editing on. Jika menu add activity dan add resources sudah tampil tidak perlu mengklik turn editing on.
Untuk pengisian bahan ajar ada beberapa jenis bahan ajar yang dapat dibuat ke dalam e-learning. Diantaranya bahan ajar berupa power point, Flash, Video dan PDF. Selain itu ga dapat membuat file microsoft word yang copy kan ke dalam fasilitas e-learning sehingga menjadi sebuah file website.

C.1 Bahan Ajar Power Point, Flash, PDF dan Video

Untuk diketahui bahwa semua bahan ajar dapat dimasukkan mellaui menu Add a resource. Sedangkan Untuk memasukkan bahan ajar berupa flash, power point, Pdf dan video digunakan fasilitas link to file or website. seperti gambar berikut:

Setelah diklik tampilan e-learning akan berubah ke halam adding a new resources. Kemudian isikan judul power point pada kolom name.

Setelah membuat judul tahap selanjutnya dalah memasukkan file power point ke dalam server dengan membuat link. Caranya klik tombol choose or upload a file seperti gambar berikut:

Setelah dikilik akan menuju ke halaman files dimana proses upolad file dapat dilakukan. Proses ini bertujuan untuk memindahkan file yang terdapat di dalam komputer, CD atau flash disk ke dalam server e-learning. Proses upolad dapat dialkukan dengan mengklik tombol upload a file

Kemudian cari direktori (tempat) dimana file power point tersebut disimpan. Apakah di dalam direktori Local Disk😀, flash disk atau CD. Caranya kilk tombol browse.

Jika file yang akan diupload terdapat dalam direktori Local DIsk (D:) pada laptop maka setelah mengklik browse, klik my computer dan klik Local Disk (D:). Jika file terdapat dalam flash disk klik browse, klik my computer dan cari direktori flash disk.
Setelah ditemukan dimana file yang akan diupload, proses upload dapat dilakukan dengan cara meng-klik dua kali file power point yang akan diupload, atau klik nama file dan klik open.

Kemudian file yang akan diupload akan tampil pada kolom browse. Proses upload dapat dilanjutkan dengan mengklik tombol upload this file. Dengan demikian maka file akan berpindah dari komputer ke dalam komputer server e-learning.

Jika proses upload berhasil akan tampil halaman file upload succesfully. Sampai pada tahap ini berarti file telah berhasil di upload ke dalam server e-learning. Tahap selanjutnya adalah memilih file yang telah diupload ke dalam server e-learning untuk dijadikan sebagai bahan ajar pada judul yang telah disiapkan. Caranya dengan mengklik choose pada kolom action sesuai dengan file yang akan dipilih.

Pastikan memilih file yang sesuai dengan bahan ajar yang akan dimasukkan dalam e-learning. Kesalahan akan terjadi jika yang di- klik adalah kolom name yaitu nama bahan ajar. Jika ini terjadi ketika power point tersebut dibuka akan keluar link file url doesn exist. Ini berarti link file belum berhasil dilakukan.
Kemudian setelah mengklik choose akan dibawa kembali ke halaman adding an new resouces. Pastikan kolom location telah terisi dengan nama file power point yang akan dijadikan sebagai bahan ajar.

Jika behasil kolom location telah terisi dengan nama bahan ajar power point yang akan dijadikan sebagai bahan ajar. Tahap selanjutnya adalah menyimpan link yang telah dibuat dengan cara mengklik save and return to course yang terletak pada bagian bawah.

Perlu diperhatikan tombol save and return to coures berfungsi menyimpan link yang telah dibuat dan kembali ke halaman coures (mata pelajaran). Sedangkan tombol save and display berfungsi untuk menyimpan dan menampilkan langsung file yang telah dimasukkan. Sedangkan tombol cancel berfungsi membatalkan penyimpanan.

Setelah mengklik save and return to course akan dibawa ke halaman course (mata pelajaran) dan link file yang telah dibuat akan tampil sesuai dengan nama yang dibuat pada kolom name waktu mengisi adding a new resources. Untuk mencoba menampilkan dapat dilakukan dengan mengklik file tersebut.

Kemudian ada beberapa pilihan yaitu open with, save dan cancel. Pilihan open with berfungsi untuk menampilkan file tanpa menyimpan sedangkan save berfungsi menyimpan file. Untuk menamplikan pilih open with. Kemudian klik OK, secara default power point akan tampil.

Untuk membuat link file berupa PDF, Vide dan Flash caranya sama saja dengan membuat link file power point. Karena file-file tersebut tidak dibuat langsung di dalam portal e-learning melainkan diambil file yang sudah ada. Untuk mencobanya Ikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan diatas.

C.3 Bahan Ajar Web Page

Untuk bahan ajar yang dibuat dalam format microsoft word dapat langsung dicopy ke dalam e-learning dengan menggunakan fasilitas compose a web page. Untuk membuat file yang berbasis web page terlebih dahulu pastikan tombol turn editing dalam posisi on. Hal ini diperlukan untuk melakukan input bahan ajar atau input soal, karena jika turn editing dalam posisi off, menu add a resource dan add an activity tidak akan tampil.
Setelah menghidupkan turn editing kemudian klik add a resource dan pilih compose a web page. Kemudian klik compose a web page tersebut.

Kemudian akan tampil halaman adding a new resources. Pada kolom name isikan judul materi yang akan dibuat. Sedangkan pada kolom summary dibarkan kosong .

Sedangkan materi pelajaran diketik atau dicopy dari microsoft word pada kolom compose a web page dengan latar belakang berwarna pink. Jangan salah memasukkan materi karena jika dimasukkan ke dalam kolom summary, bahan ajar tidak akan tampil jika diakses.

Cara mengcopy dari microsoft word adalah dengan membuak file yang akan dicopy kemudian blok bagian yang ingin dicopy, kalau ingin mengcopy semua isi file cukup tekan CTRL + A secara bersamaan kemudian CTRL + C lalu kembali ke halaman portal e-learning dan paste atau CTRL + V pada kolom compose a web page. Setelah berhasil di copy maka isi file dari microsoft word sudah berada pada kolom compose a web page. Seperti gambar berikut:

Untuk memperbaiki tampilan bahan ajar dapat digunakan fasilitas editing yang terletak pada bagian atas kolom compose a web page. Proses editing sama seperti mengedit teks dalam microsoft word. Untuk Mengedit terlebih dahulu blok bagian yang akan diedit contoh untuk mengganti jenis huruf dapat dilakukan dengan memblok huruf yang akan diganti kemudian klik jenis huruf yang diinginkan.

Untuk lebih mempercantik tampilan web page seperti ingin memasukkan foto atau animasi caranya dengan menggunakan menu toolbar yang terdapat pada bagian atas kolom compose a web page. Klik ikon gambar pada toolbar (ikon yang diberi garis lingkaran warna kuning).

Kemudian akan tampil menu seperti berikut ini, secara default jika belum ada file gambar yang sudah diupload maka pada kolom file browser tidak akan menampilkan file apapun. Oleh karena itu untuk mengupload gambar/foto dicari terlebih dahulu file yang akan diupload dengan mengklik tombol browse.

Setelah tombol browse diklik akan tampil menu file upload yang berfungsi untuk mencari dimana tempat menyimpan file gambar tersebut. Jika file di disimpan dalam Local Disk (D:) klik my computer kemudian klik Local Disk (D:). Sedangkan jika dalam flash disk klik my computer kemudian klik direktori flash disk tersebut.

Setelah file ditemukan klik open kemudian klik upload. Jika berhasil maka file gambar/photo yang baru saja diupload akan terlihat pada file browser di menu Insert Image.

Tahap selanjutnya adalah memasukkan gambar/photo tersebut ke dalam file web page dengan cara mengklik file tersebut. Sehingga pada kolom Image URL akan tampil link ke nama file kemudian isi alternate text dengan nama file gambar/photo tersebut. Setelah proses dilanjutkan dengan mengklik OK.

Jika berhasil maka file image (gambar/photo) yang dimasukkan akan tampil pada kolom compose a web page yang telah dibuat.

Akhiri pembuatan materi bahan ajar dengan mengklik tombol save and return to course yang terdapat pada bagian bawah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s